#SIP - RANCANGAN INTERFACE DAN FLOWCHART UNTUK APLIKASI BERNUANSA PSIKOLOGI

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa manusia ke arah serba praktis. Manusia sangat terbantu dengan hadirnya inovasi-inovasi dari berbagai bidang. Hadirnya komputer sebagai cikal bakal kemajuan teknologi terus berpengaruh sejak pertama kali ditemukan. Komputer telah berkembang ke segala arah dalam aspek-aspek kehidupan manusia.
Dalam artikel ini penulis akan memberikan contoh teknologi yang membantu manusia dalam penyelesaian masalah – psikologi. Contoh ini adalah sebagai lanjutan dari artikel sebelumnya mengenai artificial intelligence dan expert system. Sesuai dengan judul artikel ini, maka penulis akan memberikan contoh rancangan interface dan flowchart pada aplikasi yang bernuanasa psikologi. Contoh yang akan disajikan diambil dari berbagai sumber.

Sebelum membaca lebih lanjut, ada baiknya pembaca memahami terlebih dahulu apa itu interface dan flowchart.

Interface atau lebih sering disebut dengan antarmuka adalah sebuah media yang dapat menjembatani antara user dan sistem untuk melakukan komunikasi. Antar muka mempunyai dua tugas pokok, yaitu untuk menterjemahkan semua aksi yang diberikan user sehingga dimengerti sistem serta menampilkan hasil operasi dari sistem kedalam bentuk yang dimengerti oleh user. Antarmuka banyak sekali kita jumpai di kehidupan tidak hanya dalam software.

Flowchart merupakan bagan yang menjelaskan secara rinci langkah-langkah dari proses program. Bagan alir program dibuat dari derivikasi bagan alir sistem. Bagan alir program dapat terdiri dari dua macam, yaitu bagan alir logika program  (program logic flowchart)  dan bagan alir program komputer terinci  (detailed computer program flowchart).  Bagan alir logika program digunakan untuk menggambarkan tiap-tiap langkah di dalam program komputer secara logika.

Berikut ini penulis akan memberikan contoh tahapan dalam mengikuti tes kepribadian MBTI. Sebelumnya apa tes MBTI itu? Myers-Birggs Type Indicator (MBTI) adalah psikotes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan. MBTI didasari pada jenis dan preferensi kepribadian dari Carl Gustav Jung, yang menulis Psychological Types pada tahun 1921 MBTI dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers pada sejak 1940. Psikotes ini dirancang untuk mengukur kecerdasan individu, bakat, dan tipe kepribadian seseorang. Tes ini juga dipakai untuk mengetahui karakter kepribadian karyawan perusahaan agar dapat ditempatkan pada bidang-bidang yang membuat potensi karyawan tersebut optimal.

1. Anda harus mendownload aplikasi tes MBTI terlebih dahulu, setelah selesai open lalu akan muncul tampilan seperti ini.


2. Kemudian anda klik Mulai Tes muncul petunjuk tes lalu anda klik Mulai Tes untuk melajutkan tes.


3. Inilah beberapa contoh pertanyaan dalam tes MBTI yang terdiri dari 60 pernyataan yang anda harus jawab. 




4. Setelah menyelesaikan 60 pernyataan akan muncul hasil dari tes yang anda kerjakan, klik detail kepribadian untuk melihat hasil yang lebih jelas dari tes tersebut.




5. Inilah beberapa kepribadian hasil dari tes MBTI jika anda mengklik deskripsi kepribadian pada tampilan awal tes, jika anda klik salah satu kotaknya maka akan muncul deskripsi tentang kepribadian anda.



Selanjutnya, dibawah ini adalah bentuk flowchart pada tes MBTI.




Sumber :
Kusrini. 2006. Sistem Pakar Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta : Penerbit Andi





Juang Herdiana M
14513705
4PA07

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar