Aspek Demografis Individu Pengguna Internet Dari Segi Usia

Anggota Kelompok 5:
Dicky Darmawan  (12513421)
Fauziah Fahrenny  (19513880)
Juang Herdiana Muslim  (14513705)
Rahmat Hidayat  (17513183)
Stefi Monica  (18513638)
Syarah Diniawati  (18513747)

Pada zaman yang canggih ini tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan internet sudah menjadi suatu kebutuhan yang harus dipenuhi. Bahkan hampir setiap hari kita menggunakan intenet, terlebih lagi banyak ponsel yang berbagai fiturnya hanya bisa aktif dengan sambungan internet. Pengguna internet pun datang dari berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Karena penggunaannya yang mudah,anak-anak pun dengan gampangnya mempelajari dan mengakses internet mulai dari mengakses berbagai sosial media,mencari bahan tugas sekolah,sampai bermain game online. Tentu hal ini pun harus sangat dibimbing oleh orang tuanya.

Dalam penggunannya internet tentu dapat menimbulkan dampak positif dan dampak negatif. Jika dilihat dari sisi positifnya, internet sangat berarti bagi anak-anak karena dengan internet anak-anak bisa mencari ilmu pengetahuan dan mendapatkan berbagai informasi dari situs yang dikunjunginya tanpa  ada batasan jarak dan waktu. Selain itu anak-anak juga dapat belajar menggunakan surat elektronik atau email dan berbagai media sosial untuk berkomunikasi dengan orang lain di berbagai belahan dunia. Semangat belajar juga dapat ditingkatkan misalnya dengan memanfaatkan software menarik untuk menunjang pelajaran disekolah.

Disamping itu juga terdapat sisi negatifnya. Dalam masa pertumbuhan biasanya anak-anak memiliki rasa ingin tahu dan penasaran yang besar terhadap sesuatu yang baru mereka ketahui. Bisa saja tanpa sengaja seorang anak mengunjungi situs orang dewasa yang tidak layak mereka lihat. Hal tersebut tentu berakibat buruk bahkan dapat mempengaruhi perkembangan anak tersebut. Selain itu jika intensitas anak mengakses sangat sering dapat menimbulkan addiction atau ketagihan seperti dalam bermain game online sehingga membuat anak menjadi malas dan tidak bisa mamanfaatkan waktu untuk belajar. Maka sebaiknya anak dialihkan ke hal lain yang lebih bermanfaat agar terhindar dari dampak negatif internet.

Pemanfaatan Internet tentu harus di sesuaikan dengan tingkat usia anak. Usia anak SD rata-rata berkisar antara 7-13 tahun. Dan tingkatan itu semua memiliki cara penanganan yang berbeda. Berikut tahap pengenalan Internet pada anak sesuai tingkat usianya.

USIA 4 S/D 7 TAHUN
Anak mulai tertarik untuk melakukan eksplorasi sendiri. Meskipun demikian, peran orang tua masih sangat penting untuk mendampingi ketika anak menggunakan Internet. Dalam usia ini, orang tua harus mempertimbangkan untuk memberikan batasan-batasan situs yang boleh dikunjungi, berdasarkan pengamatan orang tua sebelumnya. Untuk mempermudah hal tersebut, maka orang tua bisa menyarankan kepada anaknya untuk menjadikan sebuah direktori atau search engine khusus anak-anak.

USIA 7 S/D 10 TAHUN  
Dalam masa ini, anak mulai mencari informasi dan kehidupan sosial di luar keluarga mereka. Inilah saatnya dimana faktor pertemanan dan kelompok bermain memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kehidupan seorang anak. ada masa ini, fokus orang tua bukanlah pada apa yang dikerjakannya di Internet, tetapi berapa lama dia menggunakan Internet.

USIA 10 S/D 12 TAHUN  
Pada masa pra-remaja ini, anak yang membutuhkan lebih banyak pengalaman dan kebebasan. Inilah saat yang tepat untuk mengenalkan fungsi Internet untuk membantu tugas sekolah ataupun menemukan hal-hal yang berkaitan dengan hobi mereka. Pada usia ini, sangatlah penting untuk menekankan konsep kredibilitas. Anak-anak perlu memahami bahwa tidak semua yang dilihatnya di Internet adalah benar dan bermanfaat, sebagaimana belum tentu apa yang disarankan oleh teman-temannya memiliki nilai positif.
   
USIA 12 S/D 14 TAHUN  
Inilah saat anak-anak mulai aktif menjalani kehidupan sosialnya. Bagi yang menggunakan Internet, kebanyakan dari mereka akan tertarik dengan online chat (chatting). Masa ini merupakan masa yang tepat bagi kebanyakan orang tua untuk bercerita dan berbagi informasi tentang hal-hal seksual kepada anaknya. Tetapi di sisi lain, pemasangan software filter secara diam-diam ataupun tanpa persetujuan sang anak, bisa berdampak pada timbulnya resistansi sang anak kepada orang tua.
   
USIA 14 S/D 17 TAHUN  
Masa ini adalah masa yang paling menarik dan menantang dalam kehidupan seorang anak remaja dan orangtua. Seorang remaja akan mulai matang secara fisik, emosi dan intelektual. Mereka haus akan pengalaman yang terbebas dari orangtua. Ikatan-ikatan dengan keluarga tidak terlalu diperketat lagi, tetapi tetap tidak menghilangkan peranan pengawasan orangtua.

Berdasarkan pembahasan diatas, dapat kita simpulkan bahwa tidak ada salahnya kita mamperkenalkan dunia internet pada anak-anak. Kembali lagi kepada masing-masing orang tua dan orang sekelilingnya yang mengawasi. Jika penggunaan internet diawasi dengan baik makan akan berkurang pula dapkan negatif yang ditimbulkan. Dan juga sebaliknya, jika internet digunakan degan benar dan bijaksana makan banyak pula manfaat yang bisa kita rasakan.


Referensi:

Related Articles

10 komentar:

  1. Saya puas dengan hasil kerja anda.. :)

    BalasHapus
  2. Menurut anda apakah orang dewasa mempunyai peluang untuk kecanduan game online? Makasih

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas informasi tentang penggunaan internet dari segi usia yang cukup jelas dan menambah wawasan :)

    BalasHapus
  4. Terimakasih atas informasinya sangat bermanfaat sekali. Tetapi lebih baik ditambahkan informasi mengenai cara untuk mengurangi anak-anak bermain gameonline :)

    BalasHapus
  5. infonya sangat bagus tapi ingin tambahin aja, mendingan kalo saat masih kecil kita tetap mengawasinya, biar nanti ga buka yg macem-macem karna skarang sangat mudah untuk membuka yg seperti itu. terima kasih infonya sangat membantu

    BalasHapus
  6. Bagaimana cara orang tua yang super sibuk dalam mengawasi anaknya di usia 7-10 tahun terhadap penggunaan internet, tanpa terkesan mengekang anak dari penggunaan internet. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengawasan terhadap anak usia tersebut cukup sulit, langkah lain yang dilakukan orang tua adalah pembatasan jam penggunaan internet serta memblokir situs yang berbau kekerasan dan pornografi

      Hapus
  7. terimakasih atas infonya yang cukup jelas dan menambah wawasan :)

    BalasHapus
  8. terimakasih atas infonya sudah cukup bagus :)

    BalasHapus
  9. Terimakasih sudah memberi komentar, saran dan pertanyaan. Terus kunjungi blog saya :)

    BalasHapus