Tugas 2 - Layanan Aplikasi Internet
Pengertian WWW
WWW
merupakan kepanjangan dari (World
Wide Web) yang dapat diartikan sebagai suatu ruang informasi yang dipakai oleh
pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal
pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara
keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian dari pada Internet. Dengan
kata lain www juga bisa diartikan sebagai nama yang diberikan untuk semua
bagian Internet yang dapat diakses dengan software web browser. Dengan adanya
WWW, kita bisa menerima berbagai macam informasi dalam berbagai format. WWW
sering disebut juga sebagai protokol pada sebuah URL (Uniform Resource
Locator). Fungsi WWW sendiri sebenarnya adalah menyediakan data serta informasi
yang dibutuhkan untuk dapat dipergunakan bersama.
WWW pertama kali dikembangkan di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Sekitar tahun 1989 Berners-lee membuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara global, kemudian pada bulan Oktober 1990, ‘World Wide Web‘ sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991 dan WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.
WWW pertama kali dikembangkan di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Sekitar tahun 1989 Berners-lee membuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara global, kemudian pada bulan Oktober 1990, ‘World Wide Web‘ sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991 dan WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.
Pengertian Email
E-Mail (Electronic Mail) adalah sebuah fasilitas komunikasi dalam
Internet yang berfungsi mengirim surat secara elektronik yang dapat menjangkau
ke seluruh dunia. Dibandingkan dengan surat biasa, e-mail mempunyai keunggulan
yang lebih aman serta tidak membedakan jarak dan waktu. Secara garis besar,
E-mail dapat dibedakan menjadi dua, yaitu e-mail berbasis SMTP/POP dan e-mail
berbasis web.
Berikut Penjelasan dari E-Mail berbasis SMTP/POP dan E-Mail berbasis Web :
1. E-mail Berbasis SMTP/POP
E-mail berbasis SMTP/POP (Simple Mail Transfer Protocol/Post Office Protocol)
adalah e-mail yang menggunakan server SMTP/POP, yaitu komputer yang dapat
mengirim e-mail dari pengguna ke alamat e-mail yang dituju dan sebaliknya. Agar
dapat menggunakan fasilitas e-mail pada server SMTP/POP, pemakai harus
mempunyai account di server SMTP/POP. Selain itu, pemakai juga harus
menggunakan software mail client untuk membaca dan mengirim e-mail dari dan ke
server SMTP/POP. Apabila server telah menyediakan layanan Telnet, maka pengguna
dapat masuk ke mesin server, kemudian menjalankan software mail client pada
server. Namun jika server tidak menyediakan layanan Telnet, maka pengguna harus
memiliki software mail client seperti Ms Outlook, Eudora, Ms Outlook Express,
Pegasus, dan Netscape Communicator. Agar dapat menggunakan software mail
client, pengguna harus melakukkan setting atau pengaturan beberapa informasi,
seperti nama (alamat IP) server SMTP/POP, nama user (user name/user ID), dan
password pada server e-mail.
Pada server SMTP/POP, semua e-mail yang dikirim ke pengguna dan telah memiliki
account di server akan disimpan dalam sebuah direktori. Kemudian, saat pengguna
menghubungi server, semua e-mail yang ditujukan kepadanya akan dikirim ke
komputer client. Sebaliknya, saat pengguna ingin mengirim e-mail ke suatu
alamat e-mail, maka e-mail tersebut akan dikirim ke server SMTP/POP dan
selanjutnya akan diteruskan ke alamat yang dituju.
2. E-Mail Berbasis WEB
E-mail berbasis Web berbeda dengan e-mail berbasis POP. Pada E-mail berbasis
Web, pengguna tidak perlu memiliki account POP pada server SMTP/POP karena
akses e-mail dilakukkan melalui Web Mail dengan menggunakan browser. Di
internet, kita dapat menggunakan situs yang menyediakan layanan e-mail
(webmail) gratis seperti : Yahoo (mail.yahoo.com), Google (Gmail.google.com),
Hotmail (www.hotmail.com), dll.
Selain E-mail gratis, juga terdapat e-mail langganan melalui ISP (Internet
Service Provider), seperti indonet.com, telkomspeedy.com, wasantara.com,
elganet.com, dan lain-lain. Namun, biasanya e-mail dari ISP merupakan e-mail
berbasis SMTP/POP
Serch Engine
Pengertian Search Engine
Search Engine adalah perangkat lunak berbasis
web yang dibuat untuk tujuan mempermudah pencarian-pencarian dokumen yang
berada di jaringan internet. Keberadaan search engine sendiri tidak terlepas
oleh sejarah keberadaan Internet di muka bumi ini, berkembangnya jaringan
internet yang sedemikian cepat dalam dua dekade terakhir ini membuat penggunaan
seacrh engine sebagai mesin pencari melonjak tajam. Seiring bertambah murahnya
sambungan internet yang membuat para user internet semakin banyak tiap harinya
berhasil mengalihkan peran search engine sebagai mesin pencari dokumen di
jaringan internet. Kenapa kok bisa beralih? Karena saat ini search engine sudah
dianggap sebagai “mesin pintar” daripada sebuah “mesin pencari”. Kepintaran
search engine di dalam menampilkan informasi yang dibutuhkan masyarakat,
membuat search engine ini selalu menjadi tujuan utama saat pertama kali membuka
browser.
Cara Kerja Search Engine
Lalu bagaimana dengan cara kerja search
engine? Search engine melakukan pencarian dengan cara menggunakan web spider
atau program robot untuk menyaring kata kunci yang di masukkan oleh pencari.
Ilustrasinya sebagai berikut, ketika seorang webmaster (pemilik halaman web)
mengupload sebuah dokumen pada jaringan internet, spider atau robot-robot milik
seach engine akan menyimpan informasi-informasi umum pada dokumen tersebut
seperti judul dokumen, kata kunci, dan link (tautan) menuju sumber dokumen
tersebut. Robot akan menyimpan informasi tersebut dalam bentuk basis data, yang
kemudian kelak akan ditampilkan lagi kepada pencari berdasarkan query atau kata
kunci yang dimasukkan oleh si pencari.
Cara kerja tersebut memang agak susah jika dibayangkan, untuk melakukan cara kerja seperti tersebut dibutuhkan sumber daya yang besar terutama pada sisi komputer server yang menyimpan basis data tersebut. Search engine-search engine terkemuka memiliki data center lebih dari satu dengan tekhnology yang susah dibayangkan untuk melayani para pengguna search engine di seluruh didunia.
Cara kerja tersebut memang agak susah jika dibayangkan, untuk melakukan cara kerja seperti tersebut dibutuhkan sumber daya yang besar terutama pada sisi komputer server yang menyimpan basis data tersebut. Search engine-search engine terkemuka memiliki data center lebih dari satu dengan tekhnology yang susah dibayangkan untuk melayani para pengguna search engine di seluruh didunia.
Search engine adalah Aplikasi
yang disediakan oleh lembaga komersial tertentu yang menyediakan jasa di bidang
internet.
Search engine merupakan database elektronis yang menampung jutaan,
bahkan miliaran, situs internet yang terdapat di internet. Keberadaan search
engine dinilai sangat membantu. Macam-macam search engine yang bisa Anda pilih
untuk mencari informasi sangatlah banyak.
Penggunaannya pun relatif mudah. Untuk dapat
menemukan informasi di dunia internet, Anda hanya tinggal mengetikkan sejumlah
kata kunci sesuai dengan apa yang Anda cari. Dalam search engine, Anda bisa
menemukan aneka bentuk informasi, seperti tulisan, gambar, link lagu, hingga
pencarian video.
Misalnya, Anda sedang mencari informasi
seputar penulisan makalah untuk penelitian. Cukup dengan mengetikkan kata kunci
yang anda inginkan.
Macam-Macam Search Engine
Saat awal search engine ini muncul, belum
banyak search engine yang ada di internet. Tetapi, saat ini banyak sekali
macam-macam search engine di dunia. Sebagai contoh, sebut saja Google.com,
Yahoo.com, Wisenut.com, Alltheweb.com, Dogpile.com, Altavista.com, lycos.com,
MSN.com, looksmart.com, dan banyak lagi.
Search engine bukan hanya digunakan untuk
mencari informasi berupa data tulisan saja, tetapi berbagai fitur search engine
sudah diterapkan. Misalnya saja search engine yang khusus mencari gambar di
internet yang sama dari sebuah gambar yang dijadikan contoh dalam search engine
tersebut. Atau juga search engine yang berfungsi untuk mencaritahu tentang
adanya plagiat suatu tulisan. Selain itu banyak sekali jenis-jenis search
engine yang ada di internet saat ini.
Dari sekian banyak macam-macam search engine,
tiga search engine yang menempati posisi teratas dalam jumlah pengeklikan
adalah, Google.com, Wisenut.com, dan Alltheweb.com (berdasarkan hasil riset
searchenginesshowdown.com).
Sementara itu, beberapa search engine yang
sangat terkenal di Indonesia adalah, Google.com, Yahoo.com, dan MSN.com. Ketiga
search engine yang paling sering digunakan di Indonesia ini memiliki sejumlah
kelemahan dan kelebihan yang berbeda. Seperti apa gambarannya? Berikut adalah
penjelasannya.
1. Google (www.google.com)
Nama besar Google sudah diketahui oleh dunia. Oleh
sebab itu, tidaklah mengherankan jika search engine ini menempati posisi
teratas dalam segi penggunaan dan pengeklikan oleh penduduk dunia. Selain
menyediakan pencarian web, Google menyediakan jasa pencarian berita, dan
gambar. Informasi yang ditampilkan oleh Google juga lebih uptodate karena
google melakukan scan terhadap file-file di internet lebih sering daripada
search engine yang lain. Hasil pencarian dari Google ini juga biasa dipakai
sebagai tolak ukur bagus atau tidaknya sebuah website dari segi promosi.
Semakin tinggi posisi sebuah website dalam hasil pencarian, maka akan semakin
tinggi juga harga untuk memasang iklan di website tersebut. Karena itu ada
istilah SEO dalam penulisan artikel yaitu cara membuat sebuah artikel atau
website bisa menduduki peringkat pertama saat pencarian menggunakan search
engine Google ini.
Meski terbukti
sebagai search engine paling unggul, bukan berarti Google tidak memiliki
kelemahan, sebagai berikut:
* Kelebihan:
1. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
2. lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
3. Tampilan yang sederhana.
4. Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya
cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian
yang akan ditampilkan.
5. jasa
pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank dan banyaknya jenis file yang
diindeks Google
6. Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
* Kekurangan:
1. Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan
para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka
memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa
iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa
tergangggu.
2. Yahoo
(www.yahoo.com)
Yahoo
merupakan salah satu mesin pencari tertua yang ada di jagat internet. Yahoo
merupakan salah satu portal terbesar di dunia selain MSN. Meski memiliki
database sendiri, yahoo juga sangat terbantu oleh bantuan Google dalam hal
pencarian web di internet.
Kelebihan
Yahoo yang utama adalah dari segi direktorinya, juga ketersediannya pencarian
Yellow pages dan peta (masih terbatas di Amerika Serikat). Sementara kelemaham
mendasarnya, yakni tampilan pencarian yang tidak ramah dengan pengguna. Namun,
Yahoo telah meminimalisasi kekurangannya tersebut dengan menyediakan
search.yahoo.com. Berikut ini kelebihan dan kekurangannya:
* Kelebihan:
1. carta surat menyurat modern untuk membuat orang menjadi lebih maju
2. salah satu web yang menyediakan layanan fasilitas gratis
3. salah satunyapun yang anda bilang, bila di refresh cepat
4. banyak fasilitas yang disediakan, seperti: Y!A Y!A Y! mail Y! 360 dan lain2
5. sudah ada di banyak negara
* Kekurangan:
1. Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM
dan msn
2. Teralu mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan
3. Fitur Y!M msh sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows
4. Skin untuk Y!M msh sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak
3. MSN
(www.search.msn.com)
MSN merupakan
mesin pencari besutan Microsoft Network. Mesin pencari ini menawarkan jasa
pencarian, baik dengan menggunakan kata kunci maupun directori. Sebagian
besar pengguna Internet Explorer sudah dipastikan pernah menggunakan mesin
pencari ini.
Keunggulan MSN
terletak pada metode pencarian berupa peta, white pages, yellow pages,
pekerjaan, serta pencarian rumah. Sementara itu, kelemahan yang paling mendasar
dari MSN adalah tidak tersedianya jasa pencarian gambar ataupun berita. Sebagai
berikut:
* Kelebihan:
1. mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.
* Kekurangan:
1. pencarian. Dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman
MSN.
2. Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman
pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah
titik di depannya.
4. Bing
Bing merupakan search engine yang dikelola oleh raja software Microsoft, search
engine bing merupakan penerus dari search engine MSN yang begitu populer.
Banyak fitur yang bisa anda temukan saat mengakses search engine bing ini, anda
bisa mencobanya dengan mengetikkan bing.com di address bar browser anda
5. Baidu
Baidu merupakan search engine terkenal didaratan China. Hampir seluruh
masyarakat chine menggunakan baidu sebagai pengganti mesin pencari google. Jika
anda fasih bahasa mandarin anda bisa mencoba baidu dengan mengetikkan baidu.com
di address bar anda.
6.
Copyscape.com
Mesin pencari
atau search engine yang satu ini berfungsi untuk mencari artikel sejenis dari
suatu website. Misalnya saja kita ingin mengecek sebuah artikel tersebut
termasuk plagiat atau bukan, kita bisa memasukkan link dari artikel tersebut ke
mesin pencari ini. Jika memang artikel tersebut ada kesamaan dengan artikel
lain, mesin ini akan menunjukkan artikel di website mana saja yang mempunyai
kesamaan.
Selain
digunakan untuk melihat artikel yang sama dengan mencantumkan alamat website
dari artikel tersebut, copyscape.com juga menyediakan layanan mencari kalimat
yang sama di internet dengan memasukkan langsung kalimat yang ingin kita cari
tersebut ke form search engine copyscape.com
7. Alltheweb (www.alltheweb.com)
Keunggulan Alltheweb adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web,
FTP adalah teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan
mendistribusikan file, biasanya program, audio atau video. Web sebenarnya lebih
ditujukan untuk teks. Sejauh ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa
pencarian file.
* Kelebihan:
1. Kemudahan dalam mencari.
2. Tampilan yang sederhana seperti Google.
3. Alltheweb langsung menyediakan fungsi untuk pencarian berita, musik, gambar,
dan video.
4. Menu bantuan terlihat jelas, dan di dalamnya tersedia sejumlah opsi bantuan
yang banyak, sehingga sekali lagi kemudahan tampak bagi si pengguna.
* Kekurangan:
1. Pencarian yang lama dibandingkan dengan mesin pencari lainnya.
2. Halaman pencarian hanya dibatasi dengan sebuah garis sehingga membingungkan
si pengguna.
3. Pada link-link yang tidak berguna terkadang masih terlihat dalam beberapa
hari, sehingga terlihat kurang aktual. Hal ini menunjukan tidak cepatnya
Allltheweb melakukan update.
8.
AltaVista (www.altavista.com)
Satu saat, AltaVista pernah menjadi mesin pencari terbesar. Saat ini, selain
Alltheweb, Altavista juga menawarkan pencarian audio dan video. Keunggulan
AltaVista adalah pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin
pencari.
* Kelebihan:
1. keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file
audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita
teraktual.
2. Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.
* Kekurangan:
1. Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini
menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.
9. Lycos (http://www.lycos.com)
Salah satu mesin pencari tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal,
sehingga fungsi pencarinya tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung
pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada
http://multimedia.lycos.com.
* Kelebihan:
1. Lycos mampu mencari data dengan cepat dan ini merupakan kelebihannya.
2. Dalam hal pencarian cepat.
3. Lycos menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan
remaja. Ini sangat membantu bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu
terbaru dari para selebritis pujaan.
4. Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.
* Kekurangan:
1. Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site
map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
2. Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari
mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data
2. Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari
mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data
Chatting
Chatting adalah suatu feature / program dalam jaringan internet
untuk berkomunikasi atau bersosialisasi langsung sesama pemakai Internet yang
sedang online. Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat).
Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang
online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara,
demikian seterusnya, demikian proses terjadinya sosialisasi Chatting.
Macam-Macam Aplikasi Chatting
Pada Komputer
1. Yahoo Messenger
Yahoo Messenger (sering disingkat “Y!M” atau “YM”) merupakan program pengirim
pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo. Yahoo Messenger tersedia
secara gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa
digunakan untuk mengakses layanan Yahoo yang lainnya, seperti Yahoo! Mail.
Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila
mendapat sebuah e-mail. Yahoo telah mengumumkan kerjasama dengan Microsoft
untuk bergabung dalam jaringan instant messenger. Hal ini mengakibatkan Yahoo!
Messenger dapat berhubungan dengan layanan .NET Messenger milik Microsoft.
Layanan ini mulai berfungsi sejak 13 Juli 2006.
2. Windows Live Messenger
Windows Live Messenger tersedia di 59 negara dan 36 bahasa, dengan 330 juta
pengguna aktif melalui PC dan telpon selular. Pada hari ulang tahunnya yang
ke-10, Window Live Messenger kembali menggaris bawahi bahwa layanan yang
disediakannya merupakan platform pilihan bagi 10 milyar layanan pesan instan
(instant messages) dan 1,3 milyar pesan suara dan video yang terkirim setiap
harinya. Di Indonesia sendiri, saat ini terdapat 480 ribu pengguna Windows Live
Messenger yang mengirimkan 12 juta pesan instan per-harinya . Ini merupakan
bukti nyata akan kesuksesan produk tersebut, melalui popularitasnya yang terus
meningkat selama 10 tahun terakhir.
3. Google Talk
Google talk adalah layanan aplikasi instant messaging yang dikeluarkan oleh
Google, Gtalk pada dasarnya sama seperti yahoo messenger yaitu sebagai alat
aplikasi yang memungkinkan si pengguna melakukan obrolan yang disebut dengan
istilah chatting. Google talk pada awal kemunculannya mendapat banyak sambutan
hangat dari para pegiat Internet, hal ini dikarenakan google talk memiliki
fitur yang tak kalah menarik dibandingkan para pendahulunya seperti, Yahoo
Messenger, MSN, Aol, dll. Google Talk memiliki tampilan lebih sederhana namun
berdampak pada kecepatan yang baik.
4. AIM
AIM (AOL Instant Messenger) terbaru menghubungkan Anda dengan teman dan
keluarga Anda secara instan. Fitur terbaru AIM (AOL Instant Messenger) terbaru
adalah adanya Lifestream yang memungkinkan Anda berada di atas dari apa yang
dilakukan AIM buddies dengan membolehkan Anda untuk menambah berbagai akun
seperti Facebook, Twitter, dan YouTube. Dengan AIM, Anda dapat mengikuti kabar
terbaru teman Anda, posting foto, dan status pesan untuk terhubung pada
real-time. Dengan tampilan dan rasa yang baru, aplikasi ini berjalan lebih
cepat dan ringan dari pada sebelumnya. AIM tersedia pada Windows dan mac,
mobile phone favorit Anda seperti iPhone, dan mobile Windows, atau mencobanya
pada web menggunakan AIM Express. Fitur AIM (AOL Instant Messenger) terbaru : •
Chating dengan teman AIM Buddies dan Facebook Anda • Mendapatkan update dari
Facebook, Twitter, MySpace dan lainnya • Mengomentari, menyukai, dan update
status Facebook, Twitter, MySpace langsung dari AIM • Upload dan crop gambar
Anda untuk membuat ikon buddy yang bagus atau tukar warna skema Anda dengan
gaya Buddy List Anda • Side by Side Display – melihat percakapan IM Anda dan
daftar teman secara bersamaan.
5. Pidgin
Pidgin (dahulu bernama Gaim) adalah klien pesan instan yang didasarkan pada
pustaka libpurple. Libpurple mendukung banyak protokol pesan instan yang biasa
digunakan, memungkinkan pengguna dapat memasuki berbagai layanan yang
berbeda-beda hanya dari satu program aplikasi. Banyaknya pengguna Pidgin diduga
lebih dari tiga juta pada tahun 2007. Baik Pidgin maupun libpurple adalah
perangkat lunak bebas, dilepas ke hadapan umum di bawah pasal-pasal Lisensi
Publik Umum GNU.
6. Trillian
Trillian adalah salah satu program pengirim pesan instan diciptakan oleh
Cerulean Studios, yang dapat digunakan diberbagai perangkat dan platform
seperti Windows XP, Windows Vista, Windows 7, iPhone, Mac OS X, Android,
Blackberry OS atau menggunakan penjelajah web. Trillian dapat menghubungkan penggunanya
dengan beberapa jenis layanan pada saat yang bersamaan yaitu pengirim pesan
instan seperti AIM, Yahoo! Messenger, ICQ, Windows Live Messenger, MySpaceIM,
Google Talk, Jabber, Skype, Serverless IM, IRC; jaringan sosial seperti
Facebook dan Twitter; dan surat elektronik seperti pada protokol POP3, IMAP,
Gmail, Windows Live Hotmail, AIM dan Yahoo! Mail.
7. Facebook Messenger
Facebook Messenger adalah aplikasi yang dikeluarkan oleh Facebook, untuk
memudahkan pada penggunanya untuk chating tanpa perlu lagi masuk ke situs
facebook. Awal mula peluncuran Facebook Messenger hanya diperuntukkan bagi
pengguna ponsel cerdas seperti IPhone, Blackberry dan Samsung. Tapi seiring
dengan perkembangan, kini facebook messenger bisa digunakan di PC.
Nettiquette
Netiquette merupakan etika dalam
menggunakan internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas
memerlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai
pengguna, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam
memanfaatkan fasilitas Internet. Sebenarnya Nettiquette adalah hal yang umum
dan biasa, sama halnya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki
komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.
Beberapa aturan yang ada pada Netiquette
adalah:
1.
Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat
dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus
atau personal firewall.
2.
Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah
mengunggah data pribadi. Dan anda harus benar-benar yakin bahwa alamat URL yang
dituju telah terjamin keamanannya.
3.
Yang paling utama adalah hargai pengguna lain di internet, dengan cara
sederhana berikut ini :
a)
Jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b)
Jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet,
misalkan melakukan kejahatan pencurian kartu kredit.
c)
Jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi
yang sebenarnya terbatas.
d)
Jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan
teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
e)
Jangan flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan)
ataupun junking (memasang post yang tidak berguna) saat berforum.
Contoh kasus Netiquette adalah :
Perilaku
yang tidak sewajarnya dilakukan apalagi di dunia maya yang siapa saja di
seluruh dunia dapat melihatnya, yaitu dengan menggunggah atau mengaploude
video-video atau gambar porno apalagi sampai membuat situs porno. Hal itu tidak
sewajar nya dilakukan oleh siapapun karena bisa berdampak negatif bagi siapa
saja yang melihatnya terutama bagi kalangan remaja dan anak-anak. Hal itu dapat
merusak moral dan kepribadian mereka.
Contoh lainnya tidak jauh berbeda seperti yang telah jabarkan
sebelumnya. Sebaiknya kita harus berhati-hati mengupload foto atau data pribadi
kita. Banyak terjadi kejahatan di dunia maya yaitu seperti mengubah atau
mengedit foto-foto kita menjadi tidak senonoh padahal foto aslinya biasa saja.
Inilah yang sangat merugikan kita terutama dapat mencemarkan citra buruk. Kemudian
ada lagi kejahatan seperti penculikan yang juga terjadi di facebook, lebih
ironisnya penculikan itu banyak terjadi pada anak perempuan yang masih remaja
dan sangat muda. Oleh karena itu kita harus sangat berhati-hati dan jangan
cepat percaya pada orang yang baru kita kenal apalagi belum pernah bertemu
secara langsung. Itulah beberapa contoh kasus dari netiquette.
Sumber:
Tabel
Kinerja Kelompok 5
Nama
|
NPM
|
Tugas
|
Dicky Darmawan
|
12513421
|
Pengertian dan Sejarah Internet
|
Fauziyah Fahrenny
|
19513880
|
Pengertian netiquette dan contoh
kasus
|
Juang Herdiana Muslim
|
14513705
|
Layanan online,lembaga badan hokum
dan ISP
|
Rahmat Hidayat
|
17513183
|
Pengertian WWW dan email
|
Stefi Monica
|
18513638
|
Pengertian search engine dan
chatting serta contoh
|
Syarah Diniawati
|
18513747
|
Jenis koneksi internet dan
perangkat untuk akses internet
|
0 komentar:
Posting Komentar