Tugas 2 - Layanan Aplikasi Internet

Pengertian WWW
WWW merupakan kepanjangan dari (World Wide Web) yang dapat diartikan sebagai suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian dari pada Internet. Dengan kata lain www juga bisa diartikan sebagai nama yang diberikan untuk semua bagian Internet yang dapat diakses dengan software web browser. Dengan adanya WWW, kita bisa menerima berbagai macam informasi dalam berbagai format. WWW sering disebut juga sebagai protokol pada sebuah URL (Uniform Resource Locator). Fungsi WWW sendiri sebenarnya adalah menyediakan data serta informasi yang dibutuhkan untuk dapat dipergunakan bersama.
WWW pertama kali dikembangkan di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Sekitar tahun 1989 Berners-lee membuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara global, kemudian pada bulan Oktober 1990, ‘World Wide Web‘ sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991 dan WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.

Pengertian Email
E-Mail (Electronic Mail) adalah sebuah fasilitas komunikasi dalam Internet yang berfungsi mengirim surat secara elektronik yang dapat menjangkau ke seluruh dunia. Dibandingkan dengan surat biasa, e-mail mempunyai keunggulan yang lebih aman serta tidak membedakan jarak dan waktu. Secara garis besar, E-mail dapat dibedakan menjadi dua, yaitu e-mail berbasis SMTP/POP dan e-mail berbasis web.


Berikut Penjelasan dari E-Mail berbasis SMTP/POP dan E-Mail berbasis Web :

1. E-mail Berbasis SMTP/POP
E-mail berbasis SMTP/POP (Simple Mail Transfer Protocol/Post Office Protocol) adalah e-mail yang menggunakan server SMTP/POP, yaitu komputer yang dapat mengirim e-mail dari pengguna ke alamat e-mail yang dituju dan sebaliknya. Agar dapat menggunakan fasilitas e-mail pada server SMTP/POP, pemakai harus mempunyai account di server SMTP/POP. Selain itu, pemakai juga harus menggunakan software mail client untuk membaca dan mengirim e-mail dari dan ke server SMTP/POP. Apabila server telah menyediakan layanan Telnet, maka pengguna dapat masuk ke mesin server, kemudian menjalankan software mail client pada server. Namun jika server tidak menyediakan layanan Telnet, maka pengguna harus memiliki software mail client seperti Ms Outlook, Eudora, Ms Outlook Express, Pegasus, dan Netscape Communicator. Agar dapat menggunakan software mail client, pengguna harus melakukkan setting atau pengaturan beberapa informasi, seperti nama (alamat IP) server SMTP/POP, nama user (user name/user ID), dan password pada server e-mail.
Pada server SMTP/POP, semua e-mail yang dikirim ke pengguna dan telah memiliki account di server akan disimpan dalam sebuah direktori. Kemudian, saat pengguna menghubungi server, semua e-mail yang ditujukan kepadanya akan dikirim ke komputer client. Sebaliknya, saat pengguna ingin mengirim e-mail ke suatu alamat e-mail, maka e-mail tersebut akan dikirim ke server SMTP/POP dan selanjutnya akan diteruskan ke alamat yang dituju.

2. E-Mail Berbasis WEB
E-mail berbasis Web berbeda dengan e-mail berbasis POP. Pada E-mail berbasis Web, pengguna tidak perlu memiliki account POP pada server SMTP/POP karena akses e-mail dilakukkan melalui Web Mail dengan menggunakan browser. Di internet, kita dapat menggunakan situs yang menyediakan layanan e-mail (webmail) gratis seperti : Yahoo (mail.yahoo.com), Google (Gmail.google.com), Hotmail (www.hotmail.com), dll.
Selain E-mail gratis, juga terdapat e-mail langganan melalui ISP (Internet Service Provider), seperti indonet.com, telkomspeedy.com, wasantara.com, elganet.com, dan lain-lain. Namun, biasanya e-mail dari ISP merupakan e-mail berbasis SMTP/POP

 
Serch Engine
Pengertian Search Engine
Search Engine adalah perangkat lunak berbasis web yang dibuat untuk tujuan mempermudah pencarian-pencarian dokumen yang berada di jaringan internet. Keberadaan search engine sendiri tidak terlepas oleh sejarah keberadaan Internet di muka bumi ini, berkembangnya jaringan internet yang sedemikian cepat dalam dua dekade terakhir ini membuat penggunaan seacrh engine sebagai mesin pencari melonjak tajam. Seiring bertambah murahnya sambungan internet yang membuat para user internet semakin banyak tiap harinya berhasil mengalihkan peran search engine sebagai mesin pencari dokumen di jaringan internet. Kenapa kok bisa beralih? Karena saat ini search engine sudah dianggap sebagai “mesin pintar” daripada sebuah “mesin pencari”. Kepintaran search engine di dalam menampilkan informasi yang dibutuhkan masyarakat, membuat search engine ini selalu menjadi tujuan utama saat pertama kali membuka browser.
Cara Kerja Search Engine
Lalu bagaimana dengan cara kerja search engine? Search engine melakukan pencarian dengan cara menggunakan web spider atau program robot untuk menyaring kata kunci yang di masukkan oleh pencari. Ilustrasinya sebagai berikut, ketika seorang webmaster (pemilik halaman web) mengupload sebuah dokumen pada jaringan internet, spider atau robot-robot milik seach engine akan menyimpan informasi-informasi umum pada dokumen tersebut seperti judul dokumen, kata kunci, dan link (tautan) menuju sumber dokumen tersebut. Robot akan menyimpan informasi tersebut dalam bentuk basis data, yang kemudian kelak akan ditampilkan lagi kepada pencari berdasarkan query atau kata kunci yang dimasukkan oleh si pencari.
Cara kerja tersebut memang agak susah jika dibayangkan, untuk melakukan cara kerja seperti tersebut dibutuhkan sumber daya yang besar terutama pada sisi komputer server yang menyimpan basis data tersebut. Search engine-search engine terkemuka memiliki data center lebih dari satu dengan tekhnology yang susah dibayangkan untuk melayani para pengguna search engine di seluruh didunia.
Search engine adalah Aplikasi yang disediakan oleh lembaga komersial tertentu yang menyediakan jasa di bidang internet. Search engine merupakan database elektronis yang menampung jutaan, bahkan miliaran, situs internet yang terdapat di internet. Keberadaan search engine dinilai sangat membantu. Macam-macam search engine yang bisa Anda pilih untuk mencari informasi sangatlah banyak.
Penggunaannya pun relatif mudah. Untuk dapat menemukan informasi di dunia internet, Anda hanya tinggal mengetikkan sejumlah kata kunci sesuai dengan apa yang Anda cari. Dalam search engine, Anda bisa menemukan aneka bentuk informasi, seperti tulisan, gambar, link lagu, hingga pencarian video.
Misalnya, Anda sedang mencari informasi seputar penulisan makalah untuk penelitian. Cukup dengan mengetikkan kata kunci yang anda inginkan.

Macam-Macam Search Engine
Saat awal search engine ini muncul, belum banyak search engine yang ada di internet. Tetapi, saat ini banyak sekali macam-macam search engine di dunia. Sebagai contoh, sebut saja Google.com, Yahoo.com, Wisenut.com, Alltheweb.com, Dogpile.com, Altavista.com, lycos.com, MSN.com, looksmart.com, dan banyak lagi.
Search engine bukan hanya digunakan untuk mencari informasi berupa data tulisan saja, tetapi berbagai fitur search engine sudah diterapkan. Misalnya saja search engine yang khusus mencari gambar di internet yang sama dari sebuah gambar yang dijadikan contoh dalam search engine tersebut. Atau juga search engine yang berfungsi untuk mencaritahu tentang adanya plagiat suatu tulisan. Selain itu banyak sekali jenis-jenis search engine yang ada di internet saat ini.
Dari sekian banyak macam-macam search engine, tiga search engine yang menempati posisi teratas dalam jumlah pengeklikan adalah, Google.com, Wisenut.com, dan Alltheweb.com (berdasarkan hasil riset searchenginesshowdown.com).
Sementara itu, beberapa search engine yang sangat terkenal di Indonesia adalah, Google.com, Yahoo.com, dan MSN.com. Ketiga search engine yang paling sering digunakan di Indonesia ini memiliki sejumlah kelemahan dan kelebihan yang berbeda. Seperti apa gambarannya? Berikut adalah penjelasannya.
1. Google (www.google.com)
Nama besar Google sudah diketahui oleh dunia. Oleh sebab itu, tidaklah mengherankan jika search engine ini menempati posisi teratas dalam segi penggunaan dan pengeklikan oleh penduduk dunia. Selain menyediakan pencarian web, Google menyediakan jasa pencarian berita, dan gambar. Informasi yang ditampilkan oleh Google juga lebih uptodate karena google melakukan scan terhadap file-file di internet lebih sering daripada search engine yang lain. Hasil pencarian dari Google ini juga biasa dipakai sebagai tolak ukur bagus atau tidaknya sebuah website dari segi promosi. Semakin tinggi posisi sebuah website dalam hasil pencarian, maka akan semakin tinggi juga harga untuk memasang iklan di website tersebut. Karena itu ada istilah SEO dalam penulisan artikel yaitu cara membuat sebuah artikel atau website bisa menduduki peringkat pertama saat pencarian menggunakan search engine Google ini.
Meski terbukti sebagai search engine paling unggul, bukan berarti Google tidak memiliki kelemahan, sebagai berikut:
* Kelebihan:

1. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
2. lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
3. Tampilan yang sederhana.
4. Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.

5. jasa pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank dan banyaknya jenis file yang diindeks Google

6. Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.

* Kekurangan:
1. Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.

2. Yahoo (www.yahoo.com)
Yahoo merupakan salah satu mesin pencari tertua yang ada di jagat internet. Yahoo merupakan salah satu portal terbesar di dunia selain MSN. Meski memiliki database sendiri, yahoo juga sangat terbantu oleh bantuan Google dalam hal pencarian web di internet.
Kelebihan Yahoo yang utama adalah dari segi direktorinya, juga ketersediannya pencarian Yellow pages dan peta (masih terbatas di Amerika Serikat). Sementara kelemaham mendasarnya, yakni tampilan pencarian yang tidak ramah dengan pengguna. Namun, Yahoo telah meminimalisasi kekurangannya tersebut dengan menyediakan search.yahoo.com. Berikut ini kelebihan dan kekurangannya:


* Kelebihan:
1. carta surat menyurat modern untuk membuat orang menjadi lebih maju
2. salah satu web yang menyediakan layanan fasilitas gratis
3. salah satunyapun yang anda bilang, bila di refresh cepat
4. banyak fasilitas yang disediakan, seperti: Y!A Y!A Y! mail Y! 360 dan lain2
5. sudah ada di banyak negara

* Kekurangan:
1. Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
2. Teralu mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan
3. Fitur Y!M msh sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows
4. Skin untuk Y!M msh sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak

3. MSN (www.search.msn.com)
MSN merupakan mesin pencari besutan Microsoft Network. Mesin pencari ini menawarkan jasa pencarian, baik dengan menggunakan kata kunci maupun directori. Sebagian besar pengguna Internet Explorer sudah dipastikan pernah menggunakan mesin pencari ini.
Keunggulan MSN terletak pada metode pencarian berupa peta, white pages, yellow pages, pekerjaan, serta pencarian rumah. Sementara itu, kelemahan yang paling mendasar dari MSN adalah tidak tersedianya jasa pencarian gambar ataupun berita. Sebagai berikut:
* Kelebihan:

1. mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.
* Kekurangan:
1. pencarian. Dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
2. Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.

4. Bing

Bing merupakan search engine yang dikelola oleh raja software Microsoft, search engine bing merupakan penerus dari search engine MSN yang begitu populer. Banyak fitur yang bisa anda temukan saat mengakses search engine bing ini, anda bisa mencobanya dengan mengetikkan bing.com di address bar browser anda

5. Baidu
Baidu merupakan search engine terkenal didaratan China. Hampir seluruh masyarakat chine menggunakan baidu sebagai pengganti mesin pencari google. Jika anda fasih bahasa mandarin anda bisa mencoba baidu dengan mengetikkan baidu.com di address bar anda.

6. Copyscape.com
Mesin pencari atau search engine yang satu ini berfungsi untuk mencari artikel sejenis dari suatu website. Misalnya saja kita ingin mengecek sebuah artikel tersebut termasuk plagiat atau bukan, kita bisa memasukkan link dari artikel tersebut ke mesin pencari ini. Jika memang artikel tersebut ada kesamaan dengan artikel lain, mesin ini akan menunjukkan artikel di website mana saja yang mempunyai kesamaan.
Selain digunakan untuk melihat artikel yang sama dengan mencantumkan alamat website dari artikel tersebut, copyscape.com juga menyediakan layanan mencari kalimat yang sama di internet dengan memasukkan langsung kalimat yang ingin kita cari tersebut ke form search engine copyscape.com
7. Alltheweb (www.alltheweb.com)

Keunggulan Alltheweb adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web, FTP adalah teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file, biasanya program, audio atau video. Web sebenarnya lebih ditujukan untuk teks. Sejauh ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian file. 

* Kelebihan:
1. Kemudahan dalam mencari.
2. Tampilan yang sederhana seperti Google.
3. Alltheweb langsung menyediakan fungsi untuk pencarian berita, musik, gambar, dan video.
4. Menu bantuan terlihat jelas, dan di dalamnya tersedia sejumlah opsi bantuan yang banyak, sehingga sekali lagi kemudahan tampak bagi si pengguna.

* Kekurangan:
1. Pencarian yang lama dibandingkan dengan mesin pencari lainnya.
2. Halaman pencarian hanya dibatasi dengan sebuah garis sehingga membingungkan si pengguna.
3. Pada link-link yang tidak berguna terkadang masih terlihat dalam beberapa hari, sehingga terlihat kurang aktual. Hal ini menunjukan tidak cepatnya Allltheweb melakukan update.

8. AltaVista (www.altavista.com)

Satu saat, AltaVista pernah menjadi mesin pencari terbesar. Saat ini, selain Alltheweb, Altavista juga menawarkan pencarian audio dan video. Keunggulan AltaVista adalah pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari.

* Kelebihan:
1. keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
2. Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.

* Kekurangan:
1. Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.

9. Lycos (http://www.lycos.com)
Salah satu mesin pencari tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi pencarinya tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com.

* Kelebihan:
1. Lycos mampu mencari data dengan cepat dan ini merupakan kelebihannya.
2. Dalam hal pencarian cepat.
3. Lycos menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja. Ini sangat membantu bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para selebritis pujaan.
4. Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.

* Kekurangan:
1. Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
2. Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data
2. Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data



Chatting
Chatting adalah suatu feature / program dalam jaringan internet untuk berkomunikasi atau bersosialisasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang online. Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya, demikian proses terjadinya sosialisasi Chatting.
Macam-Macam Aplikasi Chatting Pada Komputer
1. Yahoo Messenger

Yahoo Messenger (sering disingkat “Y!M” atau “YM”) merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo. Yahoo Messenger tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo yang lainnya, seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail. Yahoo telah mengumumkan kerjasama dengan Microsoft untuk bergabung dalam jaringan instant messenger. Hal ini mengakibatkan Yahoo! Messenger dapat berhubungan dengan layanan .NET Messenger milik Microsoft. Layanan ini mulai berfungsi sejak 13 Juli 2006.
2. Windows Live Messenger

Windows Live Messenger tersedia di 59 negara dan 36 bahasa, dengan 330 juta pengguna aktif melalui PC dan telpon selular. Pada hari ulang tahunnya yang ke-10, Window Live Messenger kembali menggaris bawahi bahwa layanan yang disediakannya merupakan platform pilihan bagi 10 milyar layanan pesan instan (instant messages) dan 1,3 milyar pesan suara dan video yang terkirim setiap harinya. Di Indonesia sendiri, saat ini terdapat 480 ribu pengguna Windows Live Messenger yang mengirimkan 12 juta pesan instan per-harinya . Ini merupakan bukti nyata akan kesuksesan produk tersebut, melalui popularitasnya yang terus meningkat selama 10 tahun terakhir.
3. Google Talk

Google talk adalah layanan aplikasi instant messaging yang dikeluarkan oleh Google, Gtalk pada dasarnya sama seperti yahoo messenger yaitu sebagai alat aplikasi yang memungkinkan si pengguna melakukan obrolan yang disebut dengan istilah chatting. Google talk pada awal kemunculannya mendapat banyak sambutan hangat dari para pegiat Internet, hal ini dikarenakan google talk memiliki fitur yang tak kalah menarik dibandingkan para pendahulunya seperti, Yahoo Messenger, MSN, Aol, dll. Google Talk memiliki tampilan lebih sederhana namun berdampak pada kecepatan yang baik.
4. AIM

AIM (AOL Instant Messenger) terbaru menghubungkan Anda dengan teman dan keluarga Anda secara instan. Fitur terbaru AIM (AOL Instant Messenger) terbaru adalah adanya Lifestream yang memungkinkan Anda berada di atas dari apa yang dilakukan AIM buddies dengan membolehkan Anda untuk menambah berbagai akun seperti Facebook, Twitter, dan YouTube. Dengan AIM, Anda dapat mengikuti kabar terbaru teman Anda, posting foto, dan status pesan untuk terhubung pada real-time. Dengan tampilan dan rasa yang baru, aplikasi ini berjalan lebih cepat dan ringan dari pada sebelumnya. AIM tersedia pada Windows dan mac, mobile phone favorit Anda seperti iPhone, dan mobile Windows, atau mencobanya pada web menggunakan AIM Express. Fitur AIM (AOL Instant Messenger) terbaru : • Chating dengan teman AIM Buddies dan Facebook Anda • Mendapatkan update dari Facebook, Twitter, MySpace dan lainnya • Mengomentari, menyukai, dan update status Facebook, Twitter, MySpace langsung dari AIM • Upload dan crop gambar Anda untuk membuat ikon buddy yang bagus atau tukar warna skema Anda dengan gaya Buddy List Anda • Side by Side Display – melihat percakapan IM Anda dan daftar teman secara bersamaan.
5. Pidgin

Pidgin (dahulu bernama Gaim) adalah klien pesan instan yang didasarkan pada pustaka libpurple. Libpurple mendukung banyak protokol pesan instan yang biasa digunakan, memungkinkan pengguna dapat memasuki berbagai layanan yang berbeda-beda hanya dari satu program aplikasi. Banyaknya pengguna Pidgin diduga lebih dari tiga juta pada tahun 2007. Baik Pidgin maupun libpurple adalah perangkat lunak bebas, dilepas ke hadapan umum di bawah pasal-pasal Lisensi Publik Umum GNU.
6. Trillian

Trillian adalah salah satu program pengirim pesan instan diciptakan oleh Cerulean Studios, yang dapat digunakan diberbagai perangkat dan platform seperti Windows XP, Windows Vista, Windows 7, iPhone, Mac OS X, Android, Blackberry OS atau menggunakan penjelajah web. Trillian dapat menghubungkan penggunanya dengan beberapa jenis layanan pada saat yang bersamaan yaitu pengirim pesan instan seperti AIM, Yahoo! Messenger, ICQ, Windows Live Messenger, MySpaceIM, Google Talk, Jabber, Skype, Serverless IM, IRC; jaringan sosial seperti Facebook dan Twitter; dan surat elektronik seperti pada protokol POP3, IMAP, Gmail, Windows Live Hotmail, AIM dan Yahoo! Mail.
7. Facebook Messenger

Facebook Messenger adalah aplikasi yang dikeluarkan oleh Facebook, untuk memudahkan pada penggunanya untuk chating tanpa perlu lagi masuk ke situs facebook. Awal mula peluncuran Facebook Messenger hanya diperuntukkan bagi pengguna ponsel cerdas seperti IPhone, Blackberry dan Samsung. Tapi seiring dengan perkembangan, kini facebook messenger bisa digunakan di PC.
Nettiquette
Netiquette merupakan etika dalam menggunakan internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas memerlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet. Sebenarnya Nettiquette adalah hal yang umum dan biasa, sama halnya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.
Beberapa aturan yang ada pada Netiquette adalah:
1.       Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall.
2.       Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi. Dan anda harus benar-benar yakin bahwa alamat URL yang dituju telah terjamin keamanannya.
3.       Yang paling utama adalah hargai pengguna lain di internet, dengan cara sederhana berikut ini :
a)       Jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b)       Jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian kartu kredit.
c)       Jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
d)       Jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
e)       Jangan flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan) ataupun junking (memasang post yang tidak berguna) saat berforum.
Contoh kasus Netiquette adalah :
Perilaku yang tidak sewajarnya dilakukan apalagi di dunia maya yang siapa saja di seluruh dunia dapat melihatnya, yaitu dengan menggunggah atau mengaploude video-video atau gambar porno apalagi sampai membuat situs porno. Hal itu tidak sewajar nya dilakukan oleh siapapun karena bisa berdampak negatif bagi siapa saja yang melihatnya terutama bagi kalangan remaja dan anak-anak. Hal itu dapat merusak moral dan kepribadian mereka.
Contoh lainnya tidak jauh berbeda seperti yang telah jabarkan sebelumnya. Sebaiknya kita harus berhati-hati mengupload foto atau data pribadi kita. Banyak terjadi kejahatan di dunia maya yaitu seperti mengubah atau mengedit foto-foto kita menjadi tidak senonoh padahal foto aslinya biasa saja. Inilah yang sangat merugikan kita terutama dapat mencemarkan citra buruk. Kemudian ada lagi kejahatan seperti penculikan yang juga terjadi di facebook, lebih ironisnya penculikan itu banyak terjadi pada anak perempuan yang masih remaja dan sangat muda. Oleh karena itu kita harus sangat berhati-hati dan jangan cepat percaya pada orang yang baru kita kenal apalagi belum pernah bertemu secara langsung. Itulah beberapa contoh kasus dari netiquette.


Sumber:

Tabel Kinerja Kelompok 5
Nama
NPM
Tugas
Dicky Darmawan
12513421
Pengertian dan Sejarah Internet
Fauziyah Fahrenny
19513880
Pengertian netiquette dan contoh kasus
Juang Herdiana Muslim
14513705
Layanan online,lembaga badan hokum dan ISP
Rahmat Hidayat
17513183
Pengertian WWW dan email
Stefi Monica
18513638
Pengertian search engine dan chatting serta contoh
Syarah Diniawati
18513747
Jenis koneksi internet dan perangkat untuk akses internet

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar